Yang Harus Dilakukan Sebelum Membangun Website


Yang Harus Dilakukan Sebelum Membangun Website
Website, tentu bukan sebuah hal baru mengingat sekarang ini hampir dari semua kalangan dan usia sudah mengenal bahkan pemilik dari suatu situs. Bagi anda yang sudah berpengalaman atau minimal memiliki pengalaman di dunia blogging tentunya sudah memiliki pandangan tersendiri baik itu dari segi perencanaan dan sebagainya. Hal itu jelas berbeda dengan mereka yang baru akan mulai, mereka yang belum mengenal tipe-tipe mesin blog, yang belum memiliki pengetahuan dan atau pengalaman blogging sedikit pun.



Biasanya, seorang yang baru akan mulai membangun sebuah blog akan banyak bertanya pada orang-orang yang dikenalnya dan orang-orang yang dianggap memiliki kemampuan atau pengetahuan mengenai hal itu. Tipe orang seperti ini jelas merupakan tipe orang yang saya suka, kenapa?. Tentu saja karena keberaniannya dalam bertanya demi mendapatkan pengetahuan baru.
Yang Harus Dilakukan Sebelum Membangun Website
Yang Harus Dilakukan Sebelum Membangun Website

Lalu, seperti apa langkah yang harus dilakukan sebelum membangun suatu Website?
1.       Menentukan topik yang akan menjadi bahan artikel utama.
2.       Merancang Front-End.
3.       Menentukan tipe mesin “Platform” yang akan digunakan.
4.       Implementasi.
5.       Mulai membuat konten.
6.       Submit ke Search Engine.


Langkah sederhana dalam membangun Website seperti diatas, akan tetapi jika diuraikan maka akan lebih banyak lagi.
Topik

Hal ini tentu harus diperhatikan, sebab ini yang akan menjadi penentu keberhasilan suatu situs (tidak semuanya). Menentukan topik sebelum membangun suatu situs tentu lebih baik, karena dengan begitu akan menjadi lebih mudah untuk fokus pada konten tertentu.
Merancang Front-End
Front-End atau lebih mudahnya tampilan suatu situs tentu juga berpengaruh pada keberhasilan suatu situs. Misalkan saja, anda membangun sebuah situs portal berita yang menyediakan layanan informasi ter-update, akan tetapi tampilan situs anda tidak mencerminkan tampilan suatu situs berita, apa yang terjadi?. Yang terjadi adalah situs anda akan semakin terpuruk.
Menentukan Platform
Menurut saya pribadi, Platform tidak terlalu berpengaruh pada kesuksesan suatu situs. Mengapa demikian?. Hal itu karena Platform atau yang lebih dikenal dengan sebutan CMS, hanya sebagai alat untuk menata, mengatur dan mengontrol suatu situs.
Implementasi
Pada tahap ini anda dituntut untuk sudah menyelesaikan tiga tahapan sebelumnya. Tahap implementasi merupakan tahap yang melelahkan dan cenderung menguras kantung, di sini anda harus sudah menyiapkan hosting dan kebutuhan lainnya untuk situs yang akan anda bangun. Akan tetapi anda juga bisa meminimalisir pengeluaran bahkan hampir menyentuh angka 0,- jika anda menggunakan layanan gratis yang tersedia.
Membuat Konten
Tahap selanjutnya proses implementasi selesai adalah memulai untuk membuat konten. Di sini, anda di tuntut untuk bisa membuat sebuah konten yang berkualitas. Kualitas konten yang anda tawarkan akan menjadi sebuah senjata mematikan bagi situs lain yang memiliki topik yang sama/mirip dengan situs anda.
Submit Situs Ke Search Engine
Setelah konten anda jumlahnya dirasa cukup, anda bisa memulai untuk men-submit situs anda ke mesin pencari, usahakan juga jangan sampai lupa untuk mendaftar pada Webmaster Tools.
Sampai disini dulu, belajar secara bertahap itu jauh lebih baik.